2011 – Aplikasi Rotec di Sebamban – Kalimantan Selatan

Hasil aplikasi ROTEC pada akses main road

Sejak tahun 2011, PT Cahaya Inti Solusindo, di percayakan untuk melakukan perbaikan akses jalan main road dengan metode stabilisasi tanah ROTEC (ROTEC Soil Stabilizer) di plantation PT MNMS di daerah Sebamban, Kalimantan Selatan. 

 

Kondisi awal, akses perkebunan Kelapa sawit yang berlokasi di daerah Sebamban  Kalimantan selatan. Terlihat sudah pernah di lakukan pembatuan. 

 

Namun terlihat bekas roda kendaraan ( pumping) pada lintasan roda kendaraan pada badan jalan yg disebabkan oleh tekanan roda. 

Kondisi awal akses jalan main road di dalam perkebunan

Proses Aplikasi ROTEC

Langkah awal, adalah dengan di lakukan “Initital Striping” / pembersihan lahan dari material yang tidak di inginkan / tidak dimanfaatkan untuk aplikasikasi ROTEC

Pembersihan sisa kayu patingan, pada banyak perkebunan kelapa sawit kayu pantingan banyak di gunakan untuk membantun akses jalan kendaraan, namun pada prakteknya seiring dengan perjalanan waktu, terkena hujan dan beban kendaraan, seringkali patingan dapat menyebabkan konsentrasi lumpur, sehingga akses sulit di lalui.

kemudian di lanjutkan dengan proses Cut & FIll

Penimbunan tanah 

Proses Gradasi tanah, menggunakan rotavator yang merupakan bagian dari  persiapan sebelum penyiraman semen 

Proses pembentukan badan jalan menggunakan motorgrader

Proses penebaran semen jumbo bag (1 Ton), menggunakan excavator efisien waktu dan efisien tenaga kerja 

Proses pencampuran tanah dan semen secara kering (drymix) onsite, sehingga proses  applikasi lebih cepat 

Proses penyiraman ROTEC, yang telah di larutkan ke dalam air.

Setelah campuran tanah, semen dan Rotec sudah tercampur secara merata, pada saat optimum moisture content (OMC), maka sudah dapat di lakukan pemadatan menggunakan compactor. 

Hasil Aplikasi ROTEC

Hasil aplikasi ROTEC, setelah masa curing 21 hari  tahan air, dan tidak licin di waktu hujan 

Contoh pada daerah rendahan yg terendam air karena sungai meluap. akses jalan tetap dapat di lalui.

Pada lokasi yang sama, setelah selesai banjir, akses jalan tidak bermasalah. standard CBR minimum rata rata yang dapat di capai oleh aplikasi rotec adalah di 70%, dengan umur rencana pemakaian 10 tahun.

Permukaan aplikasi ROTEC tidak licin,

Foto kondisi aplikasi ROTEC setelah lebih dari 7 tahun,